AGLAONEMA : CARA MENYILANGKAN

Daya tarik tanaman hias jenis aglaonema terletak pada keindahan motif daunnya, saat ini sudah banyak sekali jenis aglaonema varian baru hasil penyilangan. Yang paling fenomenal adalah Pride of Sumatera hasil penyilangan oleh Greg Hambali yang pernah meraih medali emas di ajang lomba tanaman hias internasional di Belanda Floriade tahun 2002.

Sebenarnya kita bisa melakukan penyilangan sendiri dan ternyata tidak sulit untuk dilakukan, siapa tahu kita bisa menghasilkan aglaonema yang unik, langkah-langkah yang dilakukan sebagai berikut :

1.Syarat utama adalah harus ada induk jantan dan induk betina. Ketika bunga-bunga aglaonema mulai bermekaran, pilihlah aglaonema yang pada tongkol bunga terdapat serbuk sari ( seperti bedak ) dan pilih aglaonema yang siap diserbuki untuk dijadikan induk betinanya.

2.Gunakan kuas yang bersih untuk mengambil serbuk sari, lalu oleskan pada putik yang terdapat pada induk betinanya, Setelah itu, tanaman yang sudah diserbuki dikerudung dengan kantong plastik transparan agar aman dan kelembabannya terjaga.

3.Penyilangan sebaiknya dilakukan di pagi hari antara pukul 07.00-09.00, jika dilakukan di siang hari, biasanya serbuk sari sudah rontok.

4.Jika penyilangan berhasil akan terbentuk buah, satu tongkol aglaonema bisa menghasilkan 10-30 biji, sedangkan seludang bunga lainnya biasanya mengering.

5.Sekitar enam bulan, buah hasil penyilangan bisa dipanen dan diseleksi untuk mendapatkan buah yang siap tanam. Buah yang sehat adalah yang tidak terserang hama dan penyakit, berwarna hijau dan menjadi merah ketika siap di petik. Untuk menanamnya kulit buah harus dikupas, biji yang baik berwarna kecoklatan.

Tentang Fadhil Almasyhur

Hello . . . I'm Achmad Fadhil Almasyhur, i'm just an ordinary *but weird* Senior High School Student . . . :D Had an interest in Sushi, Batagor, Omelet & many more . . . I love to cook & i hope that something i cook will be delicious . . . :)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s